Kelana: Mengagumi Anak Gunung Krakatau lebih dekat (Part 1- From Senen to Merak)

Seratus tiga puluh empat tahun yang lalu, dua pertiga bagian Krakatau runtuh dalam sebuah letusan berantai, melenyapkan sebagian besar pulau di sekelilingnya. Letusan gunung berapi tersebut menjadi salah satu letusan yang paling mematikan dan merusak dalam dunia vulkanologi. Setidaknya 30.000 orang menjadi korban jiwa dalam kejadian maha dahsyat tersebut. Dampak letusan bahkan terasa hinga di seluruh penjuru dunia. Kini, Krakatau tinggal menyisakan panorama dan kisah yang sayang untuk dilewatkan.

Kelana ke Anak Gunung Krakatau, Lampung, rasanya menjadi sebuah pilihan lengkap bagi kalian yang ingin merasakan hawa pantai dan gunung sekaligus. Seperti halnya saya dan kawan-kawan saya yang memilih Anak Gunung Krakatau sebagai destinasi pelepas penat pada 18-20 Agustus yang lalu. Kami yang secara tak langsung mendeklarasikan diri dalam aliansi ‘jomblo-jomblo bahagia’ lantas memilih untuk bergabung dengan opentrip milik salah satu agen jalan-jalan yang cukup baik reputasinya.

Sejatinya, ini adalah pengalaman kedua saya bergabung dengan opentrip semacam ini. Biasanya, saya lebih prefer untuk merencanakan perjalanan secara mandiri. Namun mengingat kepraktisan yang ditawarkan terlihat menggiurkan, saya dan lima orang kawan sepakat untuk menggunakan jasa tour leader dari ‘mypermatawisata’ pada petualangan kali ini.

Sesuai kesepakatan dengan tour leader kami, meeting point pemberangkatan ke Lampung adalah Pelabuhan Merak. Karena pukul 00.00 sudah harus siap sedia di Pelabuhan Merak, kami pun memutuskan untuk berangkat dari Senen pada pukul 19.00 untuk mengantisipasi kemacetan. Maklum saja, tanggal 18 Agustus bertepatan dengan acara Counting Down Sea Games di Monas. Jangan sampai terjebak diantara rombongan kids jaman now yang hendak ngintip Taeyeon!

Saya dan lima kawan lainnya sepakat untuk berkumpul di kantor dan  berangkat menuju Slipi menggunakan jasa angkutan online. Setibanya di Slipi, kami menunggu di halte depan Plaza Slipi untuk mencari bis tujuan Pelabuhan Merak. FYI, bis tujuan Pelabuhan Merak sebetulnya datang dari arah Bekasi dan Terminal Kampung Rambutan. Namun karena Slipi lebih dekat dari lokasi Senen, akhirnya kami mangkal di Halte Slipi. Sebagai info tambahan, ada beberapa bis yang dapat mengantar kita hingga ke Pelabuhan Merak, mulai dari Bis Primajasa hingga Bis Arimbi seperti yang kami tumpangi. Setelah menunggu sekitar 15 menit, bis yang ditunggu pun datang, sekitar pukul 20.30 kami meluncur menuju Pelabuhan Merak.

Perjalanan dari Slipi menuju Pelabuhan Merak ditempuh kurang lebih 2,5 jam. Biaya yang kami keluarkan hanya 30 ribu rupiah, cukup bersahabat dengan kantong. Ternyata bis yang kami tumpangi berhenti di Terminal Merak yang berjarak beberapa meter dari Pelabuhan. Dari Terminal, kami pun berjalan kaki menuju Alfamart Pelabuhan Merak, titik kumpul rombongan kami. Setelah setengah jam menunggu rombongan lengkap, tour leader kami tiba. Saatnya sesi pengecekan anggota rombongan dan pembagian alat snorkeling. Tak lupa pula kami diberikan kartu ASDP untuk dapat masuk ke dalam kapal ferry. Pukul 02.00 dini hari, kami pun masuk ke dalam area pelabuhan dan perjalanan menuju Lampung pun dimulai!

to be continued…

A Moment Capturer. Amateur Runner. Interest with Nature, Book, and Travelling.Loves coffee.